7+ Manfaat dan Kelebihan WooCommerce untuk Bisnis Online Anda
Mau bikin website toko online sendiri tapi bingung gimana caranya? Banyak yang bilang sih pakai WooCommerce saja… tapi, apa sih manfaat WooCommerce?
WooCommerce adalah plugin toko online yang istimewa. Bahkan di antara layanan pembuat website toko online lainnya, WooCommerce cukup unggul.
Pasti Anda bertanya-tanya, memangnya beneran bikin toko online pakai WooCommerce jadi lebih gampang?
Kalau tidak percaya, mari pastikan sendiri dengan membaca artikel ini sampai akhir!
Apa itu WooCommerce?
WooCommerce adalah plugin toko online gratis dari WordPress. Memakainya, Anda dapat menyulap website menjadi tempat dagang. Lengkap dengan fitur belanja seperti keranjang, payment gateway, pilihan kurir, dll.
Oleh sebab itu, banyak pebisnis memilih menggunakan WooCommerce. Faktanya, ada sekitar 3,8juta toko online yang memasang WooCommerce (Barn2, 2021). Mulai dari toko buku, majalah, hingga lembaga donasi.
Itu artinya, WooCommerce memang bisa dipakai oleh siapa saja. Termasuk Anda yang ada di kriteria ini:
1. Pengguna WordPress yang ingin mengembangkan website toko online dengan mudah dan profesional;
2. Perusahaan yang mau membangun e-commerce secara cepat dan bebas custom sendiri;
3. Pengusaha yang membutuhkan kontrol lengkap seputar transaksi pada website toko online-nya.
Hmmm… Pastinya, Anda makin penasaran kan kenapa WooCommerce adalah plugin yang dicintai banyak pebisnis? Mari temukan jawabannya pada bagian selanjutnya.
7+ Manfaat WooCommerce
Ini dia manfaat WooCommerce:
1. Cocok Untuk Produk Apa Saja
Apapun produk Anda, WooCommerce dapat memfasilitasinya. Mulai dari produk fisik seperti baju, jam, sepatu… Hingga layanan jasa/produk digital seperti restoran online, ebook, booking hotel, freelance, dan banyak lagi.
Saat menginstal plugin ini, pada tahap awal Anda akan ditanya bidang bisnis dan tipe produk apa yang dijual. Nantinya, WooCommerce akan menyesuaikan pengaturannya untuk Anda.
2. Menyediakan Fitur Lengkap dan Profesional
Malas bikin website toko online dari nol? Kalau iya, biarkan WooCommerce mengurusnya.
Pasalnya, plugin ini menyediakan beragam opsi fitur yang bermanfaat. Baik untuk memudahkan visitor berbelanja, maupun membantu merchant mengelola transaksi.
Beberapa fitur yang WooCommerce sediakan misalnya:
- Katalog produk;
- Payment gateway;
- Keranjang belanja;
- Pilihan kurir;
- Order management;
- Kupon diskon;
- Laporan penjualan;
- dll.
Tanpa pemahaman coding sama sekali, Anda tetap bisa mewujudkan toko online yang profesional.
Baca Juga: WooCommerce Shortcodes: Buat Toko Online Jadi Lebih Menarik
3. Mobile Friendly
Manfaat WooCommerce berikutnya, memberikan desain situs yang mobile-friendly.
Sehingga, visitor yang mengakses web lewat smartphone merasa nyaman dan mudah saat menggunakan fitur-fitur toko online.
Tentunya, website yang mobile-friendly itu sekarang wajib hukumnya. Apalagi bagi toko online.
Alasannya, kini mobile commerce sudah marak. Bukan lagi tren, tapi menjadi kebutuhan. Bahkan Statista memprediksi di tahun 2021 penjualan m-commerce akan mencapai $3,56triliun.
Baca Juga: 5+ Tema WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
4. Keamanan Ketat
Pasti bagi Anda yang ingin menjalankan toko online, beberapa pertanyaan ini cukup mengganjal:
Seberapa amankan WooComerce? Apakah data dan transaksi customer saya terjamin?
Penting Anda tahu, WooCommerce selalu berkomitmen meningkatkan proteksinya. Plugin ini rajin merilis versi terbaru dengan sistem keamanan yang lebih rapat.
Dan mengenai data pelanggan, WooCommerce mengamankan data customer Anda pada database tersendiri. Sehingga, potensi kebocoran data lebih kecil.
Meski begitu, serangan cyber dari luar masih menjadi ancaman. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tetap memperketat keamanan dengan memilih hosting berkualitas dan memasang SSL.
Sebagai rekomendasi, hosting Indonesia Niagahoster bisa menjadi pilihan tepat. Dibekali dengan DDos & Malware Protection, SSL gratis, serta protokol keamanan lainnya, website Anda akan lebih terjamin.
Baca Juga: 26+ Cara Mengamankan WordPress Terbaik untuk Website Anda [Edisi 2021]
5. Bisa Mengukur Performa Toko
Tak hanya berjualan, manfaat WooCommerce lainnya yaitu memudahkan bisnis berkembang. Sebab, Anda akan mendapat Analytics untuk memantau performa toko.
Tool ini memungkinkan Anda menengok data penjualan seperti omzet, item terjual, barang yang terjual lewat promo, dan banyak lagi.
Pastinya, data tersebut adalah kunci untuk mengevaluasi performa hingga membuat strategi bisnis ke depannya. Jadi, bisnis Anda tidak hanya jalan di tempat.
6. Didesain untuk WordPress
WooCommerce adalah plugin yang khusus dibuat untuk pengguna WordPress. Artinya, Content Management System (CMS) lainnya tidak bisa memakai fungsi ini.
Karena didesain untuk WordPress, cara kerjanya pun sama dan bisa langsung diterapkan ke website. Begitu juga dengan pilihan desain temanya.
Dan berhubung WordPress adalah CMS dengan pengguna terbanyak, kemungkinan besar siapapun yang punya basic WordPress sudah familiar dengan cara pengembangannya.
Selain itu, Anda akan lebih tenang karena banyaknya pengguna WordPress menandakan CMS ini memang terpercaya dan handal. Sehingga, masalah keamanan atau error lainnya pasti ada solusinya.
7. Mudah Dikustomisasi
Kelebihan WooCommerce berikutnya, Anda bebas custom situs sendiri.
Setidaknya, ada sekitar 400 ekstensi untuk toko online. Anda pun bebas memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan website. Misalnya LiveChat, Free Gift, Paypal, Shipping, dll.
Tak hanya itu, WooCommerce juga membebaskan Anda meng-custom AJAX website.
AJAX atau Asynchronous JavaScript and XML adalah teknik untuk membuat website dinamis. Artinya website mampu mengupdate dan menampilkan data baru dari server tanpa perlu melakukan reload.
Jadi, hak mengatur web development ada dalam genggaman Anda.
Kalaupun bingung, WooCommerce sudah menyiapkan dokumentasi yang lengkap untuk setiap versinya. Sehingga, informasinya pun lebih kaya.
Dengan kemudahan ini, toko online Anda pun jadi unik. Sebab, website punya fitur yang berbeda dengan merchant lainnya.
8. Komunitas Besar
Meski belum punya customer support, WooCommerce memiliki komunitas tersendiri. Hingga saat ini, sekitar 32ribu member tergabung di dalamnya. Dan, semuanya tersebar di berbagai belahan dunia.
Serunya lagi, ada banyak acara diskusi seperti WooCommerce Live. Yang mana, Anda dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya serta berbagi informasi.
Jadi dengan adanya komunitas yang aktif seperti ini, Anda bisa mendapat solusi sekaligus koneksi untuk mengembangkan toko online Anda.
Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce
Di samping manfaat yang melimpah, pastinya WooCommerce juga memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan plugin lainnya. Penasaran? Mari kita lihat satu per satu.
Kelebihan WooCommerce
Di sini, kami akan membandingkan kelebihan WooCommerce dengan keunggulan dua plugin toko online lainnya yang cukup populer.
Kelebihan WooCommerce Dibandingkan Plugin Toko Online Lainnya (+)
Indikator | WooCommerce | WP Shopify | Big Commerce |
Fitur Unggulan | Fitur bisnis lengkap dan beragam, bisa lepas pasang sesuai kebutuhan | Penyimpanan data cloud | Sistem cukup canggih (sinkronisasi data otomatis, manajemen multi-channel, dll) |
Metode Pembayaran | Menyediakan 100+ opsi payment gateway | ||
Kustomisasi | Tersedia berbagai tema, serta kustom design lewat Product Blocks | Tersedia shortcode untuk kustomisasi, serta efek dan filter | Bisa digunakan oleh berbagai CMS |
Integrasi Tools Lain | Integrasi dengan Google Ads, Mailchimp, Facebook, dll | Tersedia 1000 ekstensi gratis dan berbayar | Amazon, Google Shopping, Aplikasi pengiriman, dan pembayaran. |
Harga ($) | 0-10 | 0-29 |
Melihat data di atas, Anda boleh menarik kesimpulan bahwa WooCommerce memang cukup unggul. Mulai dari fitur unggulan yang fungsional, metode pembayaran komplit, kustomisasi mudah, dan banyak lagi.
Kekurangan WooCommerce
Walau kelebihannya banyak, kekurangan WooCommerce juga tetap ada. Mari kita cek.
Kekurangan WooCommerce Dibandingkan Plugin Toko Online Lainnya (-)
Indikator | WooCommerce | WP Shopify | Big Commerce |
Batasan Pengguna | Khusus untuk pengguna WordPress | Hanya bisa digunakan pengguna CMS Shopify | |
Metode Pembayaran | Opsi pembayaran lebih terbatas | ||
Integrasi Tools Lain | |||
Harga | Harga per bulan cukup mahal ($29,95-$299,95) |
WooCommerce memang hanya dikhususkan bagi pengguna WordPress aja. Jadi jika Anda memakai CMS lain, plugin ini tidak bisa Anda pasang.
Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan WooCommerce, pastinya Anda penasaran contoh website yang memakai plugin ini. Yuk tengok di bawah ini!
Baca Juga: Prestashop vs WooCommerce: Perbandingan Dua Jagoan Platform Toko Online
Contoh Website WooCommerce
Anda masih belum yakin perusahaan mana saja yang mempercayakan web toko online-nya ke WooCommerce? Mari tengok segelintir di antaranya.
1. DRYFT
Bidang Industri: Perlengkapan Memancing
Contoh website WooCommerce yang pertama, DRYFT. Toko online ini menjual berbagai perlengkapan memancing. Mulai dari tas, jaket, topi, dan sebagainya.
Pada website-nya, Anda akan menjumpai katalog produk. Dan saat dibuka, informasi detail serta tombol berbelanja pun terlihat. Pilihan ukuran, tampilan produk berbagai sisi, hingga rekomendasi produk lainnya.
Nah untuk membangun website toko online seperti ini, DRYFT memasang ekstensi berikut:
- Amazon Pay;
- HubSpot for WooCommerce;
- Mailchimp for WooCommerce;
- Product Bundles;
- ShippingEasy;
- Smart Coupons;
- Storefront;
- Variation Swatches and Photos;
- WooCommerce Payments.
2. Discovery Cube Connect
Bidang Industri: Edukasi
Berikutnya, Discovery Cube Connect. Platform belajar online ini bertujuan membuat sains terasa menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa belanja dan berdonasi untuk mendukung aktivitas organisasi ini.
Uniknya lagi, Discovery Cube Connect juga menyediakan gift card. Gift card ini memungkinkan penerimanya mendapat diskon khusus saat berbelanja.
Tentunya, fitur-fitur ini tak lepas dari peran WooCommerce. Ini dia ekstensi yang Discovery Cube Connect pasang:
- Facebook for WooCommerce
- Gift Cards
- Gravity Forms Product Add-ons
- Mailchimp for WooCommerce
- Stripe
- USPS Shipping Method
- WooCommerce Google Analytics
3. Civapark: Geneva Airport Parking
Bidang Industri: Fasilitas Parkir
Tak hanya toko online, WooCommerce juga bisa untuk website penyedia akomodasi. Civapark, misalnya. Fasilitas milik Bandara Jenewa ini membuka layanan parkir dalam ruangan serta jasa antar-jemput.
Menggunakan WooCommerce, Civapark mampu membuat sistem reservasi hingga pembayaran secara online. Sehingga, pengunjung bisa mengecek ketersediaan tempat serta estimasi biayanya.
Terlihat begitu canggih, rupanya Civapark memakai ekstensi WooCommerce ini lho:
- Custom User Registration Fields for WooCommerce;
- WooCommerce Bookings Availability;
- Admin Custom Order Fields;
- Checkout Field Editor.
Ternyata, untuk membuat website bisnis profesional, tidak harus jago ngoding. Dengan WooCommerce, Anda bisa memiliki situs belanja yang hebat dan tentunya menjawab segala kebutuhan bisnis.
Yuk Pasang WooCommerce untuk Permudah Bisnis!
Sekarang, Anda sudah lebih memahami apa itu WooCommerce. WooCommerce adalah plugin WordPress untuk membuat toko online dengan mudah dan gratis.
Manfaat WooCommerce pun cukup kaya. Mulai dari kemampuannya memenuhi segala kebutuhan bisnis. Baik itu memudahkan customer berbelanja, sampai membantu seller mengembangkan bisnis.
Itu artinya, WooCommerce cocok bagi individu yang ingin buka usaha, hingga perusahaan kecil, menengah, hingga besar.
Pertanyaannya, gimana sih cara pakai WooCommerce?
Tenang, kami akan membantu Anda memasang plugin ini dari awal. Tidak sabar? Yuk download ke ebook ini!