Las Zirh pada rantai ban dibuat agar tahan lama


Perusahaan rantai ban pertambangan utama Las Zirh adalah perusahaan keluarga, didirikan pada tahun 1978 oleh Hüseyin Şedele dan sekarang dipimpin oleh putranya, Presiden dan CEO saat ini, Fatih Sedele, yang AKU Direktur Editorial Paul Moore bertemu di Konferensi OTR Global di Antwerp awal tahun ini. Sedele telah bekerja di perusahaan tersebut selama lebih dari 25 tahun, suatu periode di mana perusahaan tersebut mengalami evolusi dan ekspansi yang pesat.

Meskipun awalnya melayani pasar di Türkiye, setelah rantai ekspor pertamanya ke Yunani pada tahun 1997, pertumbuhan ekspor di Las Zirh sangat pesat – perusahaan ini pindah ke lokasi baru seluas 10.000 m2 di Hadimkoy, Istanbul, pada tahun 2003 dan mulai beroperasi di fasilitas kedua seluas 11.000 m2 di Kirikkale pada tahun 2007, yang terletak di sebelah timur Ankara.

Presiden dan CEO Las Zirh, Fatih Sedele

Las Zirh adalah produsen ujung ke ujung yang terintegrasi penuh – mulai dari kabel baja khusus mentah dan batangan yang diambil berdasarkan spesifikasi teknisnya, Las Zirh menjalankan semua langkah dalam produksi rantai ban. Baja ini sebagian besar bersumber dari Eropa termasuk Italia, Belgia dan Spanyol.

Las Zirh memiliki bengkel penempaan dan pengelasan yang besar serta tungku perlakuan panas, laboratorium metalurgi, serta fasilitas pengecatan dan pengemasan. Tautan tempa yang membentuk rantai pelindung diproduksi menggunakan palu hidrolik 25 Kj dan 16 Kj untuk memaksimalkan kekuatan dan daya tahan. Cincinnya sendiri dilas tanpa menggunakan batang kawat, elektroda atau logam tambahan pada mesin las otomatis dan semuanya harus lulus uji tarik tekuk, tarik dan tekan. Tungku yang dikendalikan atmosfer memiliki kapasitas masing-masing 2 ton, dengan setiap langkah proses perlakuan panas diotomatisasi sehingga kekerasan dan kekuatan sempurna terjamin.

Saat ini, Laz Zirh adalah salah satu dari tiga pembuat rantai pertambangan terbesar di dunia, bersama dengan Pewag dan RUD, dan memproduksi semua ukuran hingga solusi ban terbesar. Perusahaan ini memproduksi rantai pelindung ban dalam berbagai ukuran untuk setiap jenis ban dalam model 12, 14, 16, 18, 20, 22 dan 23 mm dengan pola persegi, segi enam, dan dekagon. Rantai pelindung ini adalah sistem jaring baja berkekuatan tinggi yang dirancang untuk melindungi ban alat berat dari faktor eksternal, menciptakan efek pelindung yang melindungi ban dari batu tajam, terak panas, sisa logam, dan permukaan abrasif.

Ban ini digunakan pada ban hingga dan termasuk ban radial Firestone 70/70×57 yang digunakan pada wheel loader terbesar – Komatsu WE2350 – serta untuk loader besar lainnya termasuk Komatsu WE1850 dan WE1350, ditambah Caterpillar 992, 993, dan 995. Perusahaan pertambangan adalah pelanggan utamanya – dan saat ini mengekspor ke lebih dari 70 negara. Perusahaan ini sangat kuat di pasar pertambangan dalam negeri di Türkiye dan negara serta wilayah lain yang memiliki sektor pertambangan penting Chili, Peru, Australia, Afrika bagian selatan dan lainnya. Perusahaan ini juga telah mengembangkan pasar yang signifikan di Amerika Utara yang memiliki gudang inventaris di dalamnya Florida. Pasar India juga menjadi kekuatan utama bagi perusahaan, terutama di bidang penggalian dan bijih besi.

Perusahaan juga telah mengembangkan berbagai model rantai pelindung untuk berbagai kondisi medan dan jenis alat berat. Setiap model menawarkan keunggulan berbeda dalam hal ketebalan cincin, struktur jaring, kekerasan material, dan masa pakai. Modelnya yang paling populer termasuk seri X12 Universal, X14 Royalrock, X16 Superstone, X18 Ultra, dan X20 Universal Plus. Setiap model diproduksi dari baja karbon tinggi dan diberi perlakuan panas untuk meningkatkan ketahanan aus. Las Zirh hanya menggunakan baja karbon tinggi bersertifikat dalam proses produksinya. Setiap mata rantai menjalani perlakuan panas terkontrol dan titik las diuji ketahanannya terhadap putus. Produk diproduksi sesuai dengan ISO 9001, EN 663 dan IQNet standar kualitas dan melewati fase kontrol kualitas yang ketat sebelum pengiriman.

Dengan nomor seri yang diberikan pada setiap rantai, seluruh data dapat diakses, mulai dari bahan baku yang digunakan dalam produksi rantai hingga detail pengerjaan pada tahap produksi. Di laboratorium modernnya, pengujian seperti pemindaian kekerasan, analisis struktur mikro, dan kompresi tarik dilakukan dengan laporan disimpan untuk setiap rantai dan disajikan kepada pelanggan sebagai bagian dari kebijakan tanpa cacat.

Sedele mengatakan pemilihan model rantai pelindung yang tepat bergantung pada lingkungan kerja. Untuk penambangan terbuka, lebih disukai desain cincin yang lebih tebal dan jaring yang lebih lebar, sedangkan penambangan bawah tanah, pembuatan terowongan, atau daur ulang memerlukan struktur yang lebih fleksibel dan terhubung erat. Insinyur Las Zirh melakukan analisis khusus untuk setiap klien guna menentukan model yang paling sesuai. Secara umum, rantai baja dengan daya tahan tinggi banyak digunakan pada industri berat. Mereka bertahan lebih lama pada permukaan abrasif dan memberikan perlindungan maksimal terhadap benturan. Rantai paduan, yang lebih ringan namun kuat, lebih disukai di lingkungan yang membutuhkan fleksibilitas dan umur panjang. Lapisan tahan korosi menawarkan kegunaan jangka panjang.

Dia juga menekankan bahwa pemeriksaan rutin terhadap rantai pelindung sangat penting untuk kinerja jangka panjang. Penting untuk memeriksa ketegangan, kekuatan sambungan, dan tekanan ban. Sebelum setiap shift, sambungan rantai harus diperiksa dan mata rantai yang aus diganti. Ketegangan rantai harus dijaga pada tingkat optimal untuk menghindari penggunaan yang longgar.

Dalam hal aftermarket dan suku cadang, pengguna perlu memastikan kompatibilitas suku cadang dengan kode dan ukuran Las Zirh asli, ditambah pemilihan yang tepat berdasarkan model rantai. Penggantian suku cadang harus tepat waktu ketika ada tanda-tanda keausan, deformasi, atau retak, dan perusahaan mengatakan bahwa jika lebih dari 5% rantai lengkap telah diganti dengan suku cadang, maka rantai tersebut telah mencapai akhir masa pakai ekonomisnya. Penting untuk memeriksa ketegangan, kekuatan sambungan, dan tekanan ban.

Jika tidak digunakan, rantai pelindung ban harus disimpan dalam kondisi yang tepat. Rantai yang ditinggalkan di lingkungan lembab dapat berkarat seiring waktu sehingga mengurangi daya tahannya. Menyimpannya di tempat yang kering dan berventilasi baik membantu memperpanjang umurnya. Selain itu, mengoleskan minyak pelindung pada rantai yang tidak akan digunakan dalam waktu lama akan menambah ketahanan terhadap karat.

Kami berbicara tentang peran utama rantai dalam pertambangan, yang pasar utamanya adalah wheel loader berukuran besar: “Meskipun rantai ban terutama dikenal untuk ban depan wheel loader yang paling sering bersentuhan dengan batu yang baru saja diledakkan, kami merekomendasikan kepada pelanggan untuk memasang rantai pada keempat ban. Hal ini untuk melindungi investasi ban dari kerusakan dan pemotongan, namun juga untuk menjaga keseimbangan peralatan karena bobotnya, dan sebenarnya rantai belakang berfungsi sebagai penyeimbang tambahan selama pemuatan batu, terutama material dengan kepadatan tinggi.”

Sedele menambahkan: “Alasan lain untuk menggunakan rantai ban pada keempat ban adalah traksi yang lebih baik, seperti dalam kondisi sangat basah dan berlumpur, atau dalam kondisi terbuka, serta memungkinkan penetrasi tumpukan batu yang lebih baik. Dan tentu saja keselamatan operasional untuk melindungi terhadap pecahnya ban.”

Sebagian besar wheel loader di pertambangan, terutama yang berukuran besar, menggunakan rantai ban – karena semua faktor ini, dan memaksimalkan ketersediaan dan efisiensi peralatan dalam pengoperasian 24/7. Satu pengecualian adalah batu bara, karena material lapisan penutup yang lebih lunak tidak mempunyai risiko pemotongan yang sama.

Sebagai salah satu dari tiga pemain utama global – apa yang membedakan Las Zirh? “Kami memiliki geometri tautan dan desain yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan operasi yang berbeda. Misalnya, untuk kendaraan yang membawa terak panas di pabrik peleburan, Anda harus memprioritaskan perlindungan panas; sedangkan di beberapa operasi penambangan tantangannya adalah sifat abrasif bijih yang memerlukan paduan khusus. Kami memiliki semua opsi yang mungkin diperlukan dan beragam metode produksi untuk memproduksinya. Ada juga perbedaan dalam desain antara wheel loader penambangan dan truk penambangan. Beberapa tambang di dataran tinggi – seperti di Chili, Argentina, dan Peru, biasanya menggunakan rantai pada ban truk. untuk traksi ekstra karena kondisi licin yang disebabkan oleh es di jalan angkut.”

Dia menambahkan: “Kami memiliki pengalaman uji coba selama bertahun-tahun, sehingga kami tahu apa yang cocok untuk pelanggan tertentu – jadi kami yakin kami menawarkan desain terbaik yang sesuai untuk setiap aplikasi, baik itu bijih besi, granit, atau tembaga.”

Berapa lama ban dengan rantai dapat bertahan dan bagaimana kaitannya dengan penerapannya? “Kami mengatakan minimal rantai akan meningkatkan umur ban tiga kali lipat hingga maksimum sekitar sepuluh kali lipat. Misalnya di tambang bijih besi, umur ban adalah sekitar 3.000 jam – dengan rantai meningkat menjadi 8.000 atau 9.000 jam. Di tambang batu kapur, ban tanpa rantai bisa bertahan 6.000 jam tetapi dengan rantai bisa bertahan 25.000 jam atau lebih.”

Rantai hampir selalu bertahan lebih lama dibandingkan ban, dengan kegagalan rantai dini terutama disebabkan oleh faktor-faktor seperti pemasangan atau perawatan yang tidak tepat, terutama yang berkaitan dengan tegangan. Pada truk, beroperasi dengan kecepatan terlalu tinggi atau kelebihan beban juga dapat merusak rantai. Kegagalan karena cacat atau kesalahan produksi sangat jarang terjadi karena pengujian yang dilakukan Las Zirh sebelum pengiriman.

Las Zirh terutama bekerja sama dengan distributor lokal – terutama perusahaan ban dan dealernya. Banyak dari mereka menawarkan solusi lengkap termasuk ban, pelek/roda dan rantai. Banyak dari mereka juga menyediakan layanan pengelolaan ban sehingga mereka juga melakukan pemasangan rantai, atau tim pemeliharaan perusahaan pertambangan sendiri yang melakukannya. Ia juga menawarkan program pelatihannya sendiri untuk pemasangan rantai – dan menawarkannya secara gratis kepada pelanggan untuk pemasangan rantai pertama. Mitra lokal kemudian melakukan pelatihan tambahan setelah tahap ini.

Baru-baru ini mereka juga bergabung dengan BYG Spanyol, pemimpin dalam manufaktur dan distribusi suku cadang langsung. BYG didirikan pada tahun 1967 sebagai perusahaan milik keluarga. Perusahaan ini memproduksi dan mendistribusikan suku cadang pengganti langsung untuk semua merek OEM utama yang beroperasi di sektor pertambangan, penggalian, dan konstruksi. Awalnya mengkhususkan diri dalam elemen pengikat untuk infrastruktur dan mesin konstruksi, BYG secara bertahap memperluas jangkauan produknya hingga mencakup suku cadang aus dan berbagai suku cadang lainnya.