Tembus Pasar Ekspor, Pertamina Promosikan 10 UKM di China •

Paparan mengenai produk-produk unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Paviliun Indonesia di China ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20 di Nanning, China.

Nanning, – PT Pertamina (Persero) membawa produk-produk unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Paviliun Indonesia di China ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20 di Nanning, China. Keikutsertaan UKM binaan Pertamina ini menunjukkan komitmen untuk mengembangkan UKM Indonesia supaya dapat Go Global masuk ke pasar ekspor.

Mengusung tema “Asli Indonesia, Asli Kerennya,” Pertamina membawa 10 UKM mitra binaan terbaik dari seluruh Indonesia yang menampilkan lebih dari 70 produk khas Indonesia berkualitas dan ramah lingkungan. Ke-10 UKM tersebut adalah Woodeco, Move Leather, Bali Ayu, D’ethnick Mutiara Lombok, Indang Apang Gallery, Ethneeq, Akar Dewa Jati, Logok Kreatif, Bahalap, dan Pesona Handicraft Indonesia.

China ASEAN Expo di Paviliun City of Charm Indonesia atau “Paviliun Komoditas Indonesia” dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin, Minggu (17/9) waktu setempat, di Exhibition Hall D Nanning International. Selain berkesempatan menampilkan dan memasarkan produk terbaiknya kepada para pengunjung, Pertamina juga memfasilitasi peluang kerja sama dari pasar Asia ke para UKM ini.

“Ini merupakan satu bukti bahwa CAEXPO sebagai kolaborasi promosi perdagangan untuk terus membawa hasil konkret dan positif bagi pebisnis Indonesia, ASEAN, dan Tiongkok,” ungkap Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyambut baik keterlibatan UMK di China ASEAN Expo 2023. Selain membangun pasar internasional, pelaku UMK berpotensi menjalin kerja sama bisnis dengan mitra potensial.

“Pertamina melihat potensi dan peluang UKM untuk go internasional sangat besar, sehingga kesempatan UKM untuk masuk ke pasar ekspor terbuka lebar. Produk kreatif karya anak bangsa dapat bersaing dengan produk di lingkup regional maupun internasional, karena memiliki kualitas yang tidak kalah,” ujar Fadjar.

Forum tersebut menggelar beragam agenda, salah satunya promotion conference, di mana Pertamina berkesempatan untuk mempresentasikan produk unggulan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya dan Seruyan. Seperti Indang Apang Galeri, salah satu UMKM RB yang menjadikan rotan sebagai bahan baku utama, yang berharap dapat menjadikan olahan rotan sebagai trendsetter fashion, sehingga pada akhirnya berdampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal.