Pasar Curah Kering: Capesizes Memulai Tahun Baru dengan Catatan Positif
Cukuran kera
Minggu ini pasar terbalik ditandai dengan beragam aktivitas dan tantangan. Meskipun awal yang lambat setelah liburan Natal dan Tahun Baru, pasar Pasifik melihat dua penambang aktif, berkontribusi pada sentimen yang agak optimis pada awalnya. Namun, laporan tergelincirnya jalur kereta api di Australia Barat menimbulkan unsur ketidakpastian, yang menyebabkan penurunan awalnya sekitar $1,00-$1,20 pada C5 pada awal minggu. Pasar Atlantik juga menghadapi tantangan, dengan daftar tonase yang semakin ketat dan kesenjangan yang semakin lebar antara harga penawaran dan penawaran. Meskipun aktivitas meningkat di Pasifik pada hari Kamis, tekanan pasar mengakibatkan penurunan lebih lanjut pada C5, meskipun ada perasaan bahwa pasar mulai menemukan titik terendah. Tampaknya hal ini terjadi ketika dua penambang hari ini harus meningkatkan tawaran mereka untuk menarik penawaran, menghasilkan sedikit kenaikan sekitar 30 sen pada hari ini C5 menjelang penutupan minggu ini. Di Atlantik, keterbatasan kapal masih terjadi, terutama untuk tonase yang mencapai Brasil selatan pada bulan Januari. Aktivitas yang terbatas terlihat pada paruh pertama minggu ini, namun kondisi ketat yang ada, ditambah dengan peningkatan aktivitas menjelang akhir minggu, menghasilkan laporan positif mengenai jadwal pertandingan yang lebih kuat, telah mempertahankan sentimen bullish namun posisional di pasar. pasar. Secara keseluruhan, BCI 5TC positif minggu ini, dimulai pada $28,896 dan ditutup hari ini pada $31,497.
Panamax
Setelah liburan Natal, pasar Panamax mulai melemah secara keseluruhan, diikuti oleh suku bunga yang berada di bawah tekanan sejak awal. Tekanan terhadap penurunan terutama berasal dari penumpukan tonase, yang tidak tetap selama periode perayaan tetapi juga dari kurangnya permintaan di kedua cekungan sepanjang minggu, sehingga memaksa pemilik untuk mengakui tingkat yang lebih murah. Setelah penutupan tahun 2023 yang lebih lemah, jumlah pemberat yang lebih tinggi dari Asia Tenggara hanya menambah lemahnya pasar. Dan, dengan tidak adanya dukungan besar-besaran di Asia, prospek jangka pendeknya tampak sangat bearish; $13,000 disepakati untuk pengiriman 82,000-dwt ke Tiongkok untuk perjalanan pulang pergi NoPac, tetapi angka tersebut tidak dapat diulangi pada akhir minggu. Dari Atlantik, $24.000 disepakati untuk pengiriman 85.000 dwt ke Afrika Barat Laut untuk perjalanan jangka panjang melalui Teluk AS ke Teluk Arab dengan rute melalui Tanjung Harapan. Beberapa liputan periode baru-baru ini muncul dengan laporan pengiriman sebesar 82.000 dwt ke Tiongkok mencapai $16.250 untuk periode satu tahun.
Ultramaks/Supramaks
Tidak mengherankan jika awal Tahun Baru agak sepi setelah libur panjang. Atlantik masih agak lesu di wilayah Selatan dengan terbatasnya penyelidikan baru dan jumlah tonase cepat yang tersedia. Seiring berjalannya minggu ini, beberapa pihak melihat tingkat penyelidikan yang sedikit lebih baik dari negara-negara Teluk AS meskipun perbaikan yang muncul terbatas. Dari Asia, para pialang menyatakan bahwa hanya ada sedikit aktivitas baru dari NoPac dan Australia meskipun tampaknya ada cukup banyak aktivitas dari Selatan. Terdapat sedikit tindakan periode meskipun 63.000 open China terdengar ditetapkan selama empat hingga enam bulan pengiriman kembali perdagangan Singapura-Jepang seharga $17.000 dengan manfaat scrubber untuk penyewa. Dari Atlantik, terdengar suara pengiriman tetap berkekuatan 63.000 dwt ke Teluk AS, pengiriman kembali ke Mediterania Timur dengan harga $26.000. Di Asia, perjalanan Filipina dengan pengiriman tetap 56.000 dwt melalui pengiriman ulang Indonesia ke Tiongkok Selatan seharga $12.000. Dari Samudera Hindia, tarif tetap cukup sehat, perjalanan Navalakhi dengan pengiriman tetap sebesar 64.000 dwt melalui pengiriman kembali Oman ke Chittagong seharga $20.000.
ukuran praktis
Setelah liburan baru-baru ini, pasar Atlantik mengalami koreksi besar pada BHSI minggu ini, dengan ketersediaan kargo yang terbatas di seluruh wilayah. Di benua tersebut, pengiriman 32.000-dwt ditetapkan di Rouen untuk perjalanan ke Maroko dengan biji-bijian seharga $11.000, sementara di Mediterania, pengiriman 35.000-dwt ditetapkan dari Safi ke EC Amerika Selatan seharga $7.000 dan 38.000-dwt dikabarkan memiliki diperbaiki dari Alexandria ke Bilbao dengan muatan baja yang diharapkan sebesar $11.000. Teluk AS juga mengalami pengurangan karena rumornya bahwa kapal berukuran 39.000 dwt telah diperbaiki dari SW Pass ke Laut Hitam dengan harga biji-bijian seharga $20.000. Di Atlantik Selatan, kapal berbobot 37.000 dwt berangkat dari Santos ke Maroko dengan muatan gula seharga $20.000, sementara kapal berbobot 43.000 dwt berangkat dari Recalada ke Venezuela dengan muatan biji-bijian seharga $22.000. Asia lebih seimbang dengan adanya pengaturan praktis yang tidak diketahui dari Tiongkok melalui Indonesia untuk perjalanan pulang pergi sebesar $9,200 tetapi informasi lebih lanjut terbatas.
Sumber: Pertukaran Baltik