Dirut PT Timah Achmad Ardianto Sabet Penghargaan CEO Visioner dari BUMN 

Sektretris Perushaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar (kiri)

Jakarta, TAMBANG – Direktur Utama PT Timah Tbk, Achmad Ardianto dapat penghargaan kategori BUMN dan Anak Perusahaan BUMN sebagai CEO/CEO Visioner dengan Visi Terbaik dalam BUMN Award 2023 yang diselenggarakan BUMN Track.

Selain itu, PT Timah Tbk juga meraih penghargaan sebagai Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Kategori Transformasi Organisasi dan Kategori Pengembangan UMKM.

Ketiga penghargaan diterima Corporate Secretary PT Timah, Abdullah Umar dalam acara Malam Anugerah BUMN 2023 yang digelar di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (15/3).

Abdullah mengatakan, PT Timah terus berupaya meningkatkan kinerja Perusahaan dalam menjalankan amanah negara untuk mengelola sumber daya alam berupa timah untuk memberikan manfaat bagi Pemerintah, Negara dan masyarakat.

“Apresiasi ini menjadi motivasi kami untuk terus memacu kinerja, mengambil langkah-langkah strategis dalam pengelolaan sumber daya alam timah yang ditugaskan negara kepada kami,” ujarnya, dilansir dari keterangan resmi, Jumat (17/3).

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023, Tanri Abeng mengatakan, peraih The Best CEO tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaan, namun juga terkait dengan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengelola strategi bisnis di era transisi endemik. Kategori yang ditetapkan adalah CEO Visionary, Strategic Orientation, Driving Execution dan Talent Development.

“Peraih BUMN Award sebenarnya memiliki kapasitas untuk menjadi anggota kabinet. Karena direksi BUMN memiliki kompetensi yang lebih lengkap yang menjadi modal utama dalam kepemimpinan,” ujar Tanri.

CEO BUMN Track SH Sutarto menjelaskan, sebanyak 104 perusahaan BUMN mengikuti BUMN Award 2023. Jumlah ini menyempit menjadi 73 perusahaan yang lolos seleksi tahap kedua berupa presentasi perusahaan.

Sementara itu, 45 Direktur Utama BUMN dan Anak Perusahaan BUMN bersaing menjadi CEO terbaik melalui wawancara pada penjurian tahap ketiga.

“Melalui BUMN Award 2023, BUMN Track sebagai media yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers berupaya mengkomunikasikan hasil kinerja positif BUMN dalam hal strategi transformasi, inovasi, talent management, implementasi tata kelola perusahaan hingga pengembangan UMKM,” ujar SH Sutarto.

Ia menjelaskan, peserta yang terpilih telah mengikuti seleksi tahap pertama berupa penilaian dokumen atau data pendukung. Tahap kedua berupa sesi presentasi online oleh perwakilan perusahaan yang lolos seleksi tahap pertama. Sedangkan tahap ketiga berupa presentasi CEO yang dinyatakan lolos seleksi tahap kedua.

Didukung oleh tim penilai dari Manajemen PPM, Dewan Juri yang terlibat dalam acara ini memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas dan reputasi yang sangat memadai di bidang Tata Kelola Perusahaan (GCG), keuangan dan kepemimpinan, dengan komposisi unsur antara lain akademisi, peneliti, praktisi dan media,” katanya.

BUMN Award merupakan apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang turut andil dalam pertumbuhan kinerja perusahaan. BUMN Award 2023 yang memasuki tahun ke-12 ini mengusung tema “Percepatan Transformasi Digital, Inovasi dan Pemulihan Bisnis BUMN”.