Kunjungan ke Perak Tahun ini mendapat sambutan hangat


LEBIH dari delapan juta wisatawan mengunjungi Perak tahun lalu, menjadikan kampanye Kunjungan Perak Tahun 2024 (VPY 2024) sukses besar.

Pemerintah negara bagian berharap mendapatkan delapan juta pengunjung, dan telah menerima 8,4 juta pengunjung pada bulan November.

“Kampanye ini tidak hanya berhasil mencapai tujuan, namun juga melampaui target ambisiusnya,” kata Loh Sze Yee.

“Pencapaian ini tidak hanya menyoroti keberhasilan kampanye, namun juga merupakan bukti dedikasi dan kerja keras semua pihak yang terlibat dalam menjadikan Perak sebagai salah satu tujuan wisata utama Malaysia,” katanya.

Ketua komite pariwisata Perak menambahkan bahwa VPY 2024 telah memperkuat status negara bagian tersebut sebagai tujuan wisata papan atas.

Taman Danau Taiping dengan pepohonan hujannya yang ikonik merupakan daya tarik penting di kota bersejarah Taiping.Taman Danau Taiping dengan pepohonan hujannya yang ikonik merupakan daya tarik penting di kota bersejarah Taiping.

Mentri Besar Perak Datuk Seri Saarani Mohamad mengungkapkan angka tersebut pada akhir kampanye dan perayaan Malam Tahun Baru di Bundaran Sultan Azlan Shah di Meru Raya pada 31 Desember.

Mengutip statistik Tourism Malaysia, Saarani menyebutkan 627.292 wisatawan asing mengunjungi Perak dalam sembilan bulan pertama tahun 2024.

Loh mengatakan statistik mengonfirmasi bahwa negara bagian tersebut telah pulih dari pandemi Covid-19 di mana kedatangan wisatawan masih rendah.

“Pandemi ini untuk sementara mengurangi jumlah wisatawan yang turun dari tujuh juta wisatawan pada tahun 2017 menjadi hanya tiga juta wisatawan pada tahun 2021. Perak telah pulih dengan kuat pada tahun 2024.

“Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Perak pada tahun 2024 meningkat sebesar 135% dibandingkan dengan 267.245 wisatawan internasional yang tercatat pada tahun 2017,” ujarnya seraya menyebutkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Perak pada tahun 2023 berjumlah sekitar 7,5 juta orang.

Wisatawan tertarik ke Concubine Lane karena beragam barang yang dijual dan kafenya.Wisatawan tertarik ke Concubine Lane karena beragam barang yang dijual dan kafenya.

“Lonjakan ini menyoroti meningkatnya minat terhadap Perak sebagai tujuan wisata internasional,” tambahnya.

VPY 2024 melampaui target ambisiusnya, kata Loh.VPY 2024 melampaui target ambisiusnya, kata Loh.Loh mengatakan data yang dikumpulkan dari pemerintah daerah menunjukkan Kinta sebagai kabupaten dengan kinerja terbaik, mencatat 2.755.915 pengunjung yang terutama tertarik pada destinasi populer di Ipoh dan Batu Gajah.

“Diikuti oleh Manjung dengan 2.077.771 pengunjung yang mengunjungi tempat-tempat seperti Pulau Lumut dan Pangkor.

Berikutnya Kecamatan Larut, Matang dan Selama yang mencatatkan pengunjung sebanyak 940.030 orang, dengan pesona sejarah Taiping yang terus memikat wisatawan, ujarnya.

Loh mengatakan sekitar 105.000 wisatawan memasuki Perak melalui perbatasan darat Pengkalan Hulu, sedangkan Bandara Sultan Azlan Shah di Ipoh mencatat 63.974 kedatangan.

Wisatawan terutama berasal dari negara tetangga seperti Thailand, Singapura, india, dan Vietnam, kata dia, selain wisatawan dari Australia, China, dan India.

“Masuknya banyak orang dari berbagai titik masuk ini menggarisbawahi lokasi Perak yang strategis dan efektivitas kampanye pemasarannya,” tambahnya.

Tantangan pasca pandemi

Loh menyoroti bahwa Perak menarik lebih banyak wisatawan dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 melanda Malaysia.

Statistik menegaskan bahwa negara bagian ini tidak hanya pulih dari pandemi tetapi juga melampaui jumlah wisatawan, katanya.

“Antara Januari dan September 2024, tamu hotel asing di Perak mencapai 627,292 orang.”

Dia mengatakan pemulihan pasca Covid-19 penuh dengan tantangan, termasuk ketakutan yang meluas terhadap penyakit dan keengganan untuk bepergian.

“Keraguan ini berdampak tidak hanya pada wisatawan namun juga bisnis terkait pariwisata yang kesulitan mendapatkan kembali momentum sebelum pandemi. Untuk mengatasi permasalahan ini diperlukan pendekatan multifaset.

Bandara Sultan Azlan Shah di Ipoh tetap menjadi pintu gerbang penting bagi wisatawan asing menuju destinasi liburan di Perak.Bandara Sultan Azlan Shah di Ipoh tetap menjadi pintu gerbang penting bagi wisatawan asing menuju destinasi liburan di Perak.

“Kampanye #TravelPerakLah memainkan peran penting dalam membangun kembali kepercayaan diri dengan menampilkan pilihan perjalanan yang beragam dan aman yang tersedia di Perak, mengingatkan masyarakat Malaysia akan pengalaman unik yang menanti mereka di negara bagian ini.

“Slogan yang menarik itu sendiri membantu menginspirasi dan mendorong penduduk setempat untuk menemukan kembali negara mereka,” tambahnya.

Loh mengatakan 120 acara, termasuk acara internasional terkemuka, yang diadakan sepanjang tahun lalu telah membantu menarik wisatawan ke Perak.

Diantaranya adalah Rimba Raid Lenggong 2024, edisi pertama yang diadakan di Perak menyusul sebelumnya di Pahang, dengan peserta dari 26 negara.

“Asia Triathlon Junior Cup di Kampar menghadirkan kompetitor dari 24 negara, sedangkan Rainforest Challenge 2024 di Lenggong menghadirkan petualang dari 22 negara,” kata Loh.

Kapal keruk timah terakhir di Tanjung Tulang dekat Batu Gajah menjadi daya tarik utama di kawasan Kinta.Kapal keruk timah terakhir di Tanjung Tulang dekat Batu Gajah menjadi daya tarik utama di kawasan Kinta.

“Kami juga mengadakan Malaysia Ultra-Trail oleh UTMB 2024, sebuah perlombaan ketahanan bergengsi yang menampilkan jalur indah Perak kepada peserta dari 62 negara.

“Acara penting lainnya termasuk Festival Sungai Kampar, Kejuaraan Taekwondo Undangan Internasional Pariwisata Perak, Tantangan Internasional Selama Rafting dan Kejuaraan Seni Marching Internasional Malaysia, yang semuanya menarik peserta dari berbagai daerah.

“Semua acara ini telah memposisikan Perak sebagai tujuan utama untuk petualangan, olahraga dan wisata budaya, memperkuat reputasi kami sebagai tujuan wisata serbaguna dan kelas dunia,” tambahnya.

Dorongan untuk industri pariwisata

Tourism Perak melakukan investasi yang signifikan dalam inisiatif reskilling dan upskilling untuk memperkuat industri ini.

Loh mengatakan upaya ini termasuk pelatihan bagi pelaku bisnis perhotelan dan operator pariwisata untuk memastikan peningkatan kepatuhan terhadap standar keselamatan dan layanan.

Kuil gua seperti Sam Poh Tong juga menarik wisatawan asing ke Ipoh.Kuil gua seperti Sam Poh Tong juga menarik wisatawan asing ke Ipoh.

“Misalnya, program seperti kursus pertolongan pertama dasar dan Safety Race Course (SRIC) dilakukan untuk membekali operator dengan keterampilan yang dibutuhkan agar dapat mengelola tur dan aktivitas yang memerlukan tindakan keselamatan yang lebih baik,” jelasnya.

Negara bagian, katanya, juga berpartisipasi dalam pameran perjalanan nasional dan memperkenalkan kembali voucher perjalanan, menawarkan diskon akomodasi dan atraksi untuk mendorong pariwisata domestik.

“Upaya ini secara kolektif merevitalisasi sektor pariwisata negara bagian ini dan memulihkan kepercayaan wisatawan.”

Pulau Pangkor adalah tujuan wisata unggulan.Pulau Pangkor adalah tujuan wisata unggulan.

Ia juga mengatakan Perak kini secara aktif mempersiapkan diri untuk meningkatkan daya tariknya dalam kampanye Visit Malaysia Year 2026.

Ketua Asosiasi Hotel Malaysia (MAH) Cabang Perak Tony Wong mengatakan pemesanan hotel di seluruh negara bagian meningkat sebesar 10% hingga 15% selama VPY 2024.

Hotel-hotel di pusat wisata utama melaporkan pemesanan hampir penuh selama periode puncak dan hari libur.

“Kampanye ini mendapatkan kontribusi besar dari objek wisata seperti Pulau Pangkor, Lost World of Tambun, dan Gopeng Glamping Park.

Taman hiburan air Lost World of Tambun di Ipoh adalah perhentian favorit bagi penduduk lokal dan asing.Taman hiburan air Lost World of Tambun di Ipoh adalah perhentian favorit bagi penduduk lokal dan asing.

“Mayoritas wisatawan tetap wisatawan lokal. Namun, upaya untuk menarik wisatawan internasional sedang dilakukan, sejalan dengan tujuan kampanye,” tambahnya.

Wong mengatakan kampanye tersebut berhasil menyoroti daya tarik negara bagian tersebut dan mendorong pariwisata berkelanjutan.

“Kampanye ini tidak hanya meningkatkan jumlah pariwisata tetapi juga menekankan konservasi, seperti yang terlihat dalam promosi taman negara bagian Royal Belum.

Nureen Batrisyia melihat peningkatan penjualan sebesar 60% pada tahun lalu untuk gelatonya.Nureen Batrisyia melihat peningkatan penjualan sebesar 60% pada tahun lalu untuk gelatonya.“Kampanye ini telah menunjukkan potensi dari strategi pariwisata yang terkoordinasi dengan baik, dan ada optimisme bahwa kampanye ini akan memperkuat Perak sebagai destinasi utama di Malaysia dan sekitarnya,” katanya.

Ide bisnis yang bagus

Penjual gelato Nureen Batrisyia Islarizal, 21, yang kiosnya di Lorong Panglima (lebih dikenal dengan sebutan Selir Lane), mengalami peningkatan penjualan sebesar 60% tahun lalu.

“Bisnis berjalan baik karena ada wisatawan dari negara bagian lain seperti Jerman.

“Kebanyakan orang datang ke sini (Ipoh) untuk staycation lama karena ingin menjelajahi Perak untuk melihat tempat-tempat menyenangkan dan menikmati makanan,” ujarnya.

Nur Muliani mengatakan dia menjual 500 sandwich sehari selama VPY 2024.Nur Muliani mengatakan dia menjual 500 sandwich sehari selama VPY 2024.Penjual sandwich Nur Muliani Mohd Mustafa, 32, mengatakan dia menjual 500 sandwich sehari selama kampanye dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ketika dia hanya menjual 300 sandwich.

Dia juga percaya bahwa penjualan akan lebih baik jika bukan karena cuaca hujan.

Pengawas toko biskuit Choong Hoi Fung, 27, mengatakan jumlah wisatawan yang datang ke tokonya berkurang sejak Februari tahun lalu karena cuaca buruk.

“Bisnis lesu setelah Tahun Baru Imlek.

“Selama akhir pekan, kami biasanya memiliki sekitar 150 pelanggan setiap hari, namun kami hanya memiliki sekitar 60 pelanggan.”

Choong mengatakan cuaca buruk tahun lalu sedikit mempengaruhi penjualan.Choong mengatakan cuaca buruk tahun lalu sedikit mempengaruhi penjualan.Choong berharap produk lokal akan dipromosikan untuk menarik lebih banyak wisatawan dalam kampanye pariwisata Tahun Kunjungan Perak di masa depan.

“Kita harus mempromosikan biskuit buatan lokal dan makanan seperti ayam asin Ipoh yang terkenal.

“Ini dapat membantu menarik lebih banyak orang dan mempromosikan bisnis kami,” tambahnya.

Sebaliknya, manajer galeri warisan Nabila Mohd, 32, mengatakan bahwa pelanggan di lokasinya mengalami peningkatan sebesar 10% tahun lalu, yang sebagian besar adalah orang asing.

“Karena tempat kami tidak terdaftar dalam kalender kampanye Tahun Kunjungan Perak; kami mengirim brosur kami ke hotel. Itulah cara kami menarik lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi jalur warisan budaya kami.

“Pengunjung akan menghabiskan waktu berjam-jam di sini untuk melihat sejarah dan warisan kota bekas pertambangan timah, sambil menunggu hujan reda,” katanya, menyerukan pemerintah negara bagian untuk mempromosikan sejarah Ipoh.

“Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu pertambangan timah,” ujarnya.

Nabila juga berharap pihak berwenang dapat menyelesaikan permasalahan lalu lintas dan kurangnya tempat parkir di Kota Tua Ipoh.

“Tempat parkir bertingkat akan sangat membantu bisnis di sini.

Zainol Abidin menyerukan pembangunan toilet umum demi kenyamanan pengunjung.Zainol Abidin menyerukan pembangunan toilet umum demi kenyamanan pengunjung.“Masyarakat lebih ingin menghabiskan waktunya mengunjungi tempat-tempat wisata di sini daripada terjebak kemacetan,” tambahnya.

Zainol Abidin Abdul Rahman, 73, seorang pemilik toko suvenir, meminta pihak berwenang Perak untuk membangun toilet umum, berdasarkan masukan yang ia terima dari wisatawan.

“Selama enam bulan terakhir, saya menerima lebih dari 100 keluhan dari wisatawan mengenai masalah ini.

“Banyak yang mengatakan mereka tidak keberatan membayar biaya,” katanya.

Zainol Abidin menekankan, toilet umum harus dianggap sebagai kebutuhan di sebuah tempat wisata utama.