Mengambil langkah inovasi dengan truk tubuh lebar Sany Bev di Swedia


Pada awal Maret, dua truk -truk body body baterai SANY SANY Baterai yang pertama tiba di Swedia dari Cina untuk ditempatkan di operasi LKAB SVAPPAVAARA dengan kontraktor yang menggerakkan Earthmoving Snells Entreprenad AB, yang dipasok oleh dealer Swedish Sany Nordkust Maskin AB, yang berbasis di Luleå. Mereka dimodifikasi berdasarkan pengalaman Snells, beberapa persyaratan lokal dan lokasi yang berkaitan dengan pencahayaan dan perlindungan kebakaran; Ditambah semua komponen yang diperiksa untuk kepatuhan sertifikasi CE dan industri pertambangan Swedia Swemin kepatuhan.

AKU Direktur editorial Paul Moore bertemu dengan Nordkust CTO Johan Gustafsson tentang apa yang merupakan proyek peralatan penambangan listrik yang signifikan untuk seluruh Eropa. Dia menyatakan: “Pada pertengahan Maret kedua truk mulai berproduksi setelah pelatihan tambahan untuk operator mengingat mereka sekarang bekerja dengan baterai alih-alih truk diesel. Setelah beroperasi, banyak informasi telah diperoleh pada tingkat regenerasi yang tepat pada pengangkutan downhill yang dicapai, sehingga penyesuaian dan peningkatan lebih lanjut dapat dilakukan, termasuk pembiakan dengan pengemudi tentang cara memaksimalkan efisiensi.”

Nordkust CTO Johan Gustafsson dan Linda Dittrich, COO di Bauma 2025

Gustafsson menjelaskan bahwa truk -truk melakukan pengangkutan yang memuat menanjak dan menuruni pengangkutan dan mereka melakukan dua tugas utama. Satu tangkapan mengambil bijih besi yang dibawa ke Svappavaara dengan kereta api dari Kiruna untuk dicampur dengan bijih Svappavaara. Ini ditimbun dan dicampur kemudian truk -truk SANY mengangkut muatan 72 T mereka 1,8 km menanjak dengan ketinggian 70 m ke pabrik peletis Svappavaara. Rute lainnya adalah mengambil bijih Svappavaara dari fasilitas pemrosesan SVAPPAVAARA pada jarak 2,5 km menuruni bukit, kehilangan ketinggian 70 m kembali ke Spur Rel karena kemudian diangkut ke Kiruna untuk memadukan persyaratan sebelum pelletising di sana. Ada juga rute pengangkutan lebih pendek lainnya yang secara efektif ditangani oleh truk Sany. Pergerakan relatif dari keduanya bergantung pada perubahan persyaratan produksi LKAB.

Truk-truk berjalan 20,5 jam sehari tetapi juga ditagih selama periode yang tidak bekerja. Selama operasi, pengisian tambahan diperlukan sekitar empat kali sehari jika truk melakukan siklus tugas menanjak tetapi hanya diperlukan setiap 10 jam untuk tugas menurun. Paket baterai adalah baterai CATL 564 kW LFP yang diisi dengan dua stasiun pengisian Siemens Sicharge D 400kW yang terletak di samping pabrik pelet Svappavaara. Baterai selama periode pengujian digunakan hingga level pengisian 20% sebelum mengisi ulang. Pengisi daya ini juga dipasok oleh Nordkust sebagai bagian dari sistem pengangkutan.

Sampai saat ini truk telah bergerak lebih dari 500.000 t dengan konsumsi listrik sekitar 300 MWh dan ketersediaan lebih dari 98%. Operasi mereka telah melihat lebih dari 250 t emisi CO2 dilepas dengan menggunakan truk penambangan listrik alih-alih yang bertenaga diesel. Gustafsson mengatakan mesin telah dikirimkan sesuai rencana – sejak awal. Siklus pengangkutan telah terjadi pada segala hal mulai dari hari -hari musim dingin hingga jalan musim semi yang berat dan berlumpur dan tidak ada dampak yang signifikan pada operasi atau kinerja meskipun ada kondisi dingin dan musim dingin. Torsi langsung motor listrik memberikan akselerasi yang halus dan cepat dan tentu saja ada lingkungan kerja yang lebih baik – tanpa kebisingan, tidak ada asap knalpot, tidak ada penanganan diesel.

Dia menambahkan: “Dengan semua pengetahuan yang sekarang kami peroleh dengan memperkenalkan mesin listrik, kami selalu memulai proyek baru dengan studi kelayakan untuk memiliki parameter yang akurat – catu daya, keterbatasan energi, perencanaan staf, dan pemindaian nyata dari kondisi jalan dan lereng kami untuk memahami bagaimana cara mengimplementasikan ton yang dibutuhkan per jam dan ton puncak per jam. Pendekatan ini membantu klien untuk memahami bagaimana cara mengimplementasikan co -haul per jam dan ton puncak per jam. Pendekatan ini membantu klien untuk memahami bagaimana cara mengimplementasikan co -haul per jam dan ton puncak per jam. Pendekatan ini membantu klien untuk memahami bagaimana untuk mengimplementasikan co -haul per jam dan ton puncak per jam. Pendekatan ini membantu klien untuk memahami cara untuk mengimplementasikan ton -ton per jam /ton. ”

Dia melanjutkan: “Snells dan Lkab telah mengambilnya di atas kapal dan menyesuaikan perencanaan produksi mereka di sekitar truk -truk baru, sehingga telah bekerja dengan sangat baik. Jangka panjang, truk akan memiliki biaya perawatan yang jauh lebih rendah dan kami memperkirakan banyak potensi untuk lebih banyak truk yang ditambahkan tidak hanya di situs ini tetapi juga penambangan dan operasi industri lainnya di seluruh Swedia dan di tempat lain di Eropa.

Nordkust memiliki kontrak dengan Snells untuk menyediakan lima truk SANY SKT105E, berdasarkan dua yang pertama membuktikan efisiensi dan kinerja mereka dalam operasi, yang kemudian akan diikuti oleh tiga lagi pada tahun 2026.

Baik mesin ini maupun SKT105 lainnya yang digunakan oleh kelompok sewaan di Norwegia menciptakan buzz nyata di pasar pertambangan di Eropa utara. Gustafsson: “Kami melihat minat besar dari seluruh industri pertambangan di wilayah ini. Ada banyak keraguan dari orang -orang tentang apakah truk Sany akan tampil di iklim Swedia sehubungan dengan suhu rendah dan salju khususnya, tetapi mereka telah melakukannya dan sangat baik – ada baiknya diingat mereka telah beroperasi dalam jumlah besar di Cina di dalam di mana mereka menjadi colder bahkan menjadi colder bahkan menjadi colder.

Truk-truk sebenarnya memiliki sistem pemanas bertenaga baterai untuk menjaga mereka pada suhu operasi yang benar dalam kondisi dingin tetapi dalam kasus kami ini tidak sering digunakan karena sifat pendek dari pengangkutan dan panas yang dihasilkan selama pengisian daya. Dengan jenis operasi ini, truk memiliki tiga negara bagian; Operasi, pengisian atau layanan. Tidak pernah diparkir di musim dingin tanpa mengisi daya seperti yang akan dilakukan dengan mobil, oleh karena itu sistem baterai berkinerja baik di iklim Arktik. Dalam kondisi yang lebih hangat, baterai dan motor menggunakan sistem pendingin yang didasarkan pada antibeku.

Ada juga skeptisisme tentang konsep truk tubuh yang luas versus truk kaku dalam penambangan Swedia, tetapi semakin banyak mereka digunakan, semakin banyak hal ini akan berubah – ditambah secara fundamental truk kaku secara signifikan lebih mahal. Ini termasuk truk tubuh baterai yang lebih murah daripada kelas truk diesel yang setara.

Dalam istilah layanan dan dukungan yang dinyatakan Gustafsson: “Dengan proyek ini untuk Snells dan Lkab, kami dan tim teknik kami telah melalui seluruh proses pengiriman truk dari Cina, dan mempersiapkan mereka untuk pasar pertambangan Swedia, kemudian menugaskan mereka dan mendukung mereka akan ada di industri. pengubah. “