Pasar Curah Kering: Tarif Capesize Lebih Rendah Minggu Lalu
Cukuran kera
Pasar Capesize menghadapi minggu yang umumnya lemah dengan penurunan suku bunga secara keseluruhan. BCI 5TC turun setiap hari kecuali hari Jumat, yang ditutup pada $23,509, penurunan signifikan dari $26,213 pada hari Senin. Pasar Pasifik mengalami penurunan aktivitas penambang, dengan tarif C5 turun dari level terendah $10 di awal minggu. Meskipun penurunan suku bunga terus berlanjut, khususnya di Atlantik, laju penurunan mulai menurun. Peningkatan kargo batu bara memberikan dukungan di Pasifik, membantu indeks C5 kembali naik, mengakhiri minggu ini setelah beberapa kali menguat di $10,025. Pasar Brazil Selatan dan Afrika Barat hingga Cina mengalami lebih banyak aktivitas, namun harga melemah dengan perlengkapan C3 turun ke level terendah $25 pada akhir minggu. Atlantik Utara juga berkontribusi terhadap melemahnya sentimen dengan tingkat fronthaul dan trans-Atlantik yang terus menurun. Jadwal penerbangan Fronthaul turun dari sekitar $52,000 pada hari Senin dengan indeks C9 mengakhiri minggu ini di $48,250, sementara rute trans-Atlantik mengalami penurunan serupa, ada pergeseran sentimen yang mengakibatkan C8 menutup minggu ini di $22,384.
Panamax
Setelah pembukaan minggu ini yang menjanjikan, aktivitas di pasar Panamax perlahan tapi pasti menjadi sesuatu yang sulit karena kepercayaan terkikis di kedua wilayah tersebut. Atlantik Utara berjuang untuk mendapatkan momentum apa pun sepanjang minggu ini. Amerika Selatan mengalami kenaikan singkat pada pertengahan minggu untuk tanggal kedatangan akhir bulan Oktober, dengan laporan 81,000-dwt mencapai $14,250 pengiriman Haldia untuk perjalanan melalui pengiriman ulang EC Amerika Selatan Singapura-Jepang. Setelah berbagai hari libur pada minggu lalu, Asia kembali dengan penuh semangat, terutama dari Indonesia, dengan lonjakan permintaan segar yang cukup menimbulkan kehebohan. $15,250 dicapai untuk pengiriman ke Vietnam dengan kapasitas 82,000 dwt, yang telah kembali mendekati $14,000 pada hari Jumat dengan tipe LME yang lebih kecil berada pada harga yang lebih murah. Selain beberapa butir NoPac yang terlihat jelas, perjalanan pulang pergi yang lebih panjang tidak memiliki dukungan tetapi berada di sekitar angka $14,000. Aktivitas periode termasuk laporan yang belum dikonfirmasi mengenai pengiriman Singapura sebesar 82.000 dwt dengan harga $15.750 basis 10/14 bulan.
Ultramaks/Supramaks
Minggu yang agak posisional digambarkan oleh banyak orang. Sementara tekanan ke atas terlihat dari Teluk AS, sebuah Ultramax dikabarkan telah menetapkan biaya perjalanan fronthaul sekitar $27,000. Daerah-daerah lain tidak memiliki dorongan baru karena terbatasnya penyelidikan baru dari Mediterania menyebabkan sedikit penurunan tarif dari Mediterania Timur, pengiriman Iskenderun dengan harga 56.000 dwt untuk perjalanan melalui Teluk Aden ke Tiongkok pada pertengahan masa remaja. Atlantik Selatan digambarkan sebagai kapal yang seimbang, kapal pengiriman Santos berkekuatan 61.000 dwt untuk perjalanan trans-Atlantik dengan harga $15.000. Dengan banyaknya hari libur di kancah Asia, terdapat awal yang positif, namun seiring dengan berakhirnya minggu, sentimen ini semakin berkurang. Biaya perjalanan 55,00-dwt dari Cina ke Bangladesh sebesar $16,500 sementara lebih jauh ke selatan, Koh Sichang terbuka 61,000-dwt menetapkan biaya perjalanan ke Tawan minimal pertengahan $16,000-an. Terdapat aktivitas di Samudera Hindia, meskipun sekali lagi aktivitas tersebut agak bersifat posisional, Afrika Selatan terbuka seluas 61.000 dwt menetapkan biaya perjalanan ke Tiongkok sebesar $18.500 ditambah bonus pemberat $185.000.
ukuran praktis
Pasar pada minggu ini menunjukkan aktivitas visibilitas yang minimal di kedua cekungan tersebut. Angka tersebut cukup stabil di seluruh benua dan Mediterania dengan sentimen yang tampak bersifat posisional. Rotterdam terbuka seluas 32.000 dwt diperbaiki melalui Rouen ke Atlantik Kolombia dengan harga $9.000. Di kawasan Teluk AS, aktivitas meningkat dengan adanya beberapa kargo baru dalam berbagai ukuran, meskipun sentimen negatif membuat suku bunga tetap stabil. Pada tanggal 13 Oktober, dilaporkan bahwa Fairless Hills seberat 39.000 dwt, yang saat ini dibuka untuk disewa, telah ditetapkan untuk pelayaran fronthaul dari Pantai Timur AS dengan tarif $20.000. Sementara itu, Atlantik Selatan menunjukkan momentum positif seiring dengan masuknya persyaratan baru ke pasar, mendorong pemilik untuk menaikkan penawaran mereka karena ketersediaan tonase yang semakin ketat. Pada tanggal 5 Oktober, sebuah kapal Monrovia seberat 36.000 dwt, yang saat ini dibuka untuk disewa, telah ditetapkan untuk dikirim di Maceió untuk perjalanan ke Benua Eropa membawa gula, dengan tarif $13.500. Suku bunga di wilayah Pasifik terlihat agak stabil pada minggu ini, meskipun pasar merasa lebih mendapat dukungan. Sebuah kapal berkekuatan 40.000 dwt ditetapkan untuk pengiriman dari Jepang melalui Pantai Barat AS ke Chittagong dengan tarif $16.000.
Sumber: Pertukaran Baltik