Pertamina Boyong Produk UMKM ke China ASEAN Expo 2024 •

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Mardyana Listyowati, saat mengunjungi Indonesian Pavillion di China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024).

Jakarta, – PT Pertamina (Persero) memamerkan ratusan produk dari 13 UMKM binaan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia di ajang The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024), yang diikuti oleh 10 negara ASEAN dan China. Pameran hasil kesepakatan KTT China ASEAN ke-7 ini digelar di Nanning International Convention and Exhibition Centre (NICEC) Naning Guangxi, China, pada 24–28 September 2024.

“Keikutsertaan Pertamina dalam pameran ini diharapkan bisa menjadi langkah strategis untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM binaan di pasar internasional,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, Selasa (24/9).

Fadjar menyebutkan bahwa untuk tampil di pameran tersebut, ratusan produk UMKM nasional ini tentunya telah melalui proses kurasi yang sangat ketat. Ke-13 UMKM binaan Pertamina yang memamerkan ratusan produknya tersebut adalah Fish Skin, Mutiara Gitbay, D’etnick Istana Mutiara, Evie Sobag, Loyok Kreatif, Persona Handicraft, Soulmate Bedsheet, Mandiri Craft, Dade Craft, Adhimas Handycraft, Woodeco, Bali Ayu dan Bali Pure.

Salah satu produk unggulan yang ikut serta adalah Mutiara Gitbay, yang memamerkan perhiasan hasil perpaduan dari mutiara, emas, dan perak. Ada juga D’etnick Istana Mutiara yang menjajakan perhiasan etnik dengan desain dan kreasi budaya lokal. Keindahan mutiara yang terselip dalam setiap koleksi cincin, kalung, dan giwang yang dibuat secara handmade membuat produk yang dihasilkan UMKM ini selalu sukses mencuri perhatian para konsumen, termasuk konsumen global.

“Selain mengikuti pameran ritel, UMKM binaan Pertamina juga mengikuti kegiatan Business Matching yang merupakan proses Business-to-Business (B2B) yang dapat membuka peluang kerjasama baru dengan para pelaku usaha dari China dan negara-negara ASEAN lainnya. Ini bukti nyata bahwa produk lokal Indonesia bisa bersaing di dunia global dan ikut berkontribusi untuk ekonomi nasional,” ungkap Fadjar.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Mardyana Listyowati, mengaku bangga dengan upaya yang dilakukan oleh Pertamina ini.

Mardyana berharap Pertamina tetap melibatkan UMKM dan terus mendorong UMKM binaan menjadi garda terdepan bagi perdagangan Indonesia, khususnya di bidang ekspor. Pertamina juga diminta untuk tidak hanya membina UMKM yang sudah ada, tetapi turut membina UMKM baru dan mendorong mereka menjadi eksportir yang lebih baik lagi.

“Setelah saya berkeliling melihat produk binaan Pertamina, saya bangga dengan Pertamina karena mendorong UMKM-nya untuk menjadi eksportir yang berdaya saing di luar negeri sehingga turut mendorong peningkatan ekonomi nasional,” ungkapnya di sela-sela peresmian Indonesian Pavillion di China ASEAN Expo 2024.