Pertamina SMEXPO 2024 Catat Transaksi Hingga Rp 17,45 Miliar •

Pertamina SMEXPO 2024 menghadirkan 45 UMKM binaan Pertamina dengan beragam kategori produk.

Jakarta, – Pameran retail nasional Pertamina Small and Medium Enterprises Exhibition (SMEXPO) 2024 telah berakhir. Hingga penutupan, tercatat transaksi hingga Rp 17,45 miliar. Pameran ini diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka Jakarta, pada 22-27 Oktober 2024.

Transaksi perdagangan UMKM binaan Pertamina ini tumbuh 17,09 persen dibandingkan omzet tahun 2023, yang sebesar Rp14,9 miliar. Kenaikan jumlah transaksi ini turut memperkuat pemberdayaan UMKM, sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Naiknya nilai transaksi UMKM ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk UMKM binaan Pertamina,” ujar Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, di sela-sela sesi penutupan Pertamina SMEXPO, Minggu (27/10).

Fadjar mengatakan, jumlah transaksi dari pameran UMKM untuk masyarakat (retail) yang digelar selama enam hari ini mencapai sebesar Rp 1,53 miliar. Sedangkan sisanya Rp 15,91 miliar berasal dari perdagangan bisnis (business to business/B2B), yakni kesepakatan kerja sama bisnis yang biasanya untuk pembelian jumlah besar.

Pertamina SMEXPO 2024 mengangkat tema “Lokal Jadi Vokal” dan menghadirkan 45 UMKM binaan Pertamina dengan beragam kategori produk. Mulai dari fashion, makanan dan minuman, kerajinan tangan, hingga produk inovatif berbasis teknologi. Selain aktivitas jual beli, pameran ini juga diperkaya dengan rangkaian workshop kreatif dan talkshow inspiratif yang memberikan nilai tambah bagi pengembangan kapasitas pelaku UMKM.

“Keberhasilan SMEXPO 2024 tidak hanya diukur dari nilai transaksi, tetapi juga dari terbentuknya ekosistem bisnis yang mendukung pertumbuhan UMKM. Selama acara SMEXPO, kami juga menggelar workshop dan talkshow untuk meningkatkan kapasitas dan wawasan pelaku UMKM binaan Pertamina agar mampu meningkatkan kualitas produk serta kompetensinya, untuk bersaing di pasar yang lebih luas,” ungkap Fadjar.

Tercatat lebih dari 9.000 pengunjung hadir selama enam hari penyelenggaraan SMEXPO. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap produk UMKM lokal. Pengunjung pun tak hanya dari kalangan masyarakat, tetapi juga pelaku bisnis dan potential buyer dari dalam dan luar negeri sengaja hadir untuk membuka peluang kerjasama dengan UMKM binaan Pertamina.