Bantu Pemudik, Fasilitas SPKLU di Rest Area Tuai Pujian •

General Manager PLN UID Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu (S2JB), Adhi Herlambang (kedua dari kiri), didampingi Senior Manager Distribusi UID S2JB, Uray Aminin, saat melayani Irfansyah ketika melakukan pengisian kendaraan listriknya di SPKLU rest area wilayah Sumatra Selatan dalam perjalanan mudik bersama keluarganya dari Jakarta menuju Bengkulu.
Palembang, – Kehadiran fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) menjadi salah satu faktor penting dalam kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini. Terutama bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.
Kemudahan ini dirasakan langsung oleh Fahmi yang sedang melakukan pengisian di Rest Area 234 A Kabupaten Mesuji, Lampung. Fahmi dalam perjalanan mudiknya dengan kendaraan listrik rute Jakarta menuju Sumatera Selatan.
Menurutnya, tersedianya fasilitas SPKLU di setiap rest area sangat memudahkan masyarakat. Apalagi, para petugas PLN dinilai sigap dalam membantu kebutuhan masyarakat ketika hendak mengisi ulang kendaraan listrik.
“Petugas PLN sigap dalam menemani pelanggan dalam pengisian kendaraan listrik,” kata Fahmi.
Pengalaman mudik nyaman dan aman dengan kendaraan listrik juga dirasakan oleh Irfansyah yang tengah mudik bersama keluarganya dari Jakarta menuju Bengkulu.
Ketersediaan fasilitas SPKLU yang memadai sangat membantu Irfansyah dalam mudik kali ini. Sebelumnya, dia memanfaatkan fasilitas charging di salah satu rest area di Lampung. Kemudian, dia kembali melakukan pengisian daya kendaraan listrik di Kota Palembang dan kembali mengisi daya di SPKLU Muara Enim.
“Pake aplikasi PLN Mobile sangat membantu, saya bisa tahu SPKLU mana saja yang tersedia di sepanjang jalur yang akan dilalui,” ungkap Irfansyah.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN mendukung penuh kelancaran arus mudik pada tahun ini dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik rest area ruas tol jalur mudik.
PLN telah memetakan sebaran SPKLU secara nasional, termasuk jalur tol Trans Sumatra. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan perseroan terhadap tingginya animo masyarakat menggunakan kendaraan listrik, khususnya pada momen Idulfitri 1445 Hijriah.
Darmawan menegaskan, pengguna kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi saat melakukan perjalanan jauh. Pasalnya, PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner yang telah tersedia di aplikasi PLN Mobile.
“Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut,” jelas Darmawan.
Selain itu, PLN juga menambahkan fitur tombol pop up hotline SPKLU pada aplikasi PLN Mobile yang akan langsung menghubungkan pelanggan pada nomor whatsapp customer service SPKLU. Hotline juga dapat diakses melalui Contact Center PLN 123 dan nomor whatsapp 08-777-11-12-123.