GIICOMVEC 2024, Solusi Terpadu Kebutuhan Kendaraan Komersial •

Suasana di arena pameran GIICOMVEC 2020 lalu.
Jakarta, – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kembali akan menggelar pameran business to business khusus kendaraan komersial. Event yang dinamakan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 ini akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7 – 10 Maret 2024.
Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, menyatakan pertumbuhan ekonomi nasional yang terus mengalami kenaikan positif serta iklim investasi yang semakin kondusif harus dimanfaatkan para pelaku industri. Salah satu faktor vital dalam membangun bisnis adalah alat dan sarana transportasi yang efektif.
“Situasi positif ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial bagi industri kendaraan komersial yang terus tumbuh memenuhi permintaan pasar di Indonesia. Dengan kendaraan komersial yang tepat dan didukung teknologi terkini, kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif dan tentunya menguntungkan,” ungkap Nangoi, Rabu (7/2).
Dia menjelaskan, GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan produk dan teknologi terkini yang dibutuhkan untuk dapat mendukung kebutuhan Pemerintah dan kebutuhan kegiatan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle, heavy commercial vehicle hingga karoseri.
Penyelenggaraan pameran GIICOMVEC akan menjadi ajang yang dapat menunjukkan informasi positif kepada pasar internasional. Event ini juga bakal menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.
“Tahun 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian sangat positif di 505.134 unit, di mana 8,18 persennya adalah ekspor kendaraan komersial. Kami konsentrasi penuh untuk dapat meningkatkannya. Salah satu upayanya adalah dengan memberi dorongan positif lewat penyelenggaraan pameran GIICOMVEC,” jelas Nangoi.
Dia berharap, GAIKINDO dengan dorongan positif dari penyelenggaraan pameran GIICOMVEC, angka ekspor tersebut dapat terus bertambah dan dapat lebih berkontribusi terhadap capaian industri kendaraan bermotor Indonesia.
Solusi Terpadu
Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara pameran, Rizwan Alamsjah, mengungkapkan bahwa GIICOMVEC akan menjadi solusi lengkap untuk semua kebutuhan kendaraan komersial. Kebutuhan para pelaku bisnis berbeda-beda sehingga memerlukan kustomisasi untuk menyesuaikan ranah industri yang digelutinya, dan GIICOMVEC akan mempermudah para trade visitor mencari semua kebutuhannya dalam satu waktu.
“GIICOMVEC diharapkan dapat menjadi one stop business solution untuk semua kebutuhan kendaraan komersial dari para trade visitor, mulai dari teknologi terbaru, sasis, karoseri, industri pendukung, hingga perusahaan pembiayaan tersedia disepanjang pameran,” ujar Rizwan.
Penyelenggaraan GIICOMVEC tahun ketiga ini akan mengundang lebih dari 10 ribu trade visitors dan mempertemukannya dengan merek-merek terkemuka kendaraan komersial untuk membuka potensi baru bagi industri kendaraan komersial di Indonesia. Trade visitors GIICOMVEC ditargetkan akan datang dari industri transportasi, logistik, konstruksi dan infrastruktur, ritel, operator tur dan perjalanan, pertambangan, minyak, gas, dan energi, konstruksi, jasa keuangan dan asuransi, barang konsumsi, restoran, kafe, dan layanan catering, usaha kecil dan menengah (UKM), lembaga kesehatan, badan pemerintah atau perusahaan swasta, industri pertanian, kehutanan, dan peternakan, serta militer.
GIICOMVEC 2024 juga bekerjasama dengan asosiasi-asosiasi yang berkaitan erat dengan industri kendaraan komersial, termasuk diantaranya; APTRINDO, IPOMI, ASKARINDO dan ALI yang akan memboyong para anggotanya menghadiri pameran GIICOMVEC 2024.
GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan merek-merek besar di Indonesia dari industri kendaraan komersial dan industri pendukungnya, termasuk juga beberapa merek baru yang akan unjuk kebolehan, diantaranya; Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, dan Wuling telah memastikan partisipasinya.